#BaliVacayWork2016 - Manis Sih, Tapi Dingin

7:12:00 PM

.
#eaaaaaaaaaaakkkkk

Manis sih, tapi dingin. Uhuk. Cedih.

Gw ngomongin es krim. Bukan orang. Ehm.


***

Awalnya gini, gw sering banget denger orang ngomong gelato yang enak dan terkenal itu namanya Gusto. Apaan itu dan dimana tepatnya gw nggak tau. Taunya hanya di Bali aja, bukan di Magetan. Trus dua buah saudara gw bilang katanya ada di daerah Seminyak, Kuta. Lha, deket dong ama BaBe? Iya, emang deket. Banget.

Ternyata, gw sering ngelewatin si Gusto itu. Dhira bilang, ada tempat popsicle juga di deket Gusto, namanya Paletas Wey. Woh, insting permakanan gw pun menggelora dan tak dapat dibendung lagi. Gw harus nyobain dua tempat itu sebelum training ini berakhir!

Suatu hari yang cukup kurang cerah, gw dan Dhira masuk jam 5 pagi. It means, kita pulang jam 1 dong. Kita punya rencana untuk ke Gusto siang itu, maka Nisa menyusul buat maksibar dan nge-Gusto. Setelah makan siang penuh barokah di Warung Muslim Laros, Kerobokan (murah cuy, 12 rebu kenyang dan halal!), kita menuju Gusto!

Pas ke sana, buset, rame banget...parkirannya. Tempatnya untuk ukuran kedai eskrim sih lumayan gede dan luas. Ada indoor dan outdoor-nya gitu. Pas masuk, alamakjang, rame banget! Ini antrian gelato nih? Mirip antrian anak-anak abis tarawih ngejar tanda tangan ustad di buku amaliah ramadhan!

Sistemnya gini, kita antri buat bayar, baru antri lagi buat mendapatkan gelatonya. Gw dan kedua cecunguk ini beli yang ukuran paling kecil yaitu satu cup dengan dua scoop. Harganya IDR 22K. Men, dengan dua puluh dua ribu rupiah, lo bisa mendapatkan dua skup es grim aneka rasa! Yha! Sungguh menggiurkan bagi kami si kantong mini ini, bukan?

Setelah bayar, kita bergegas ke wahana selanjutnya yaitu milih rasa gelato. Fyi aja nih, rasanya banyak banget. Mirip-mirip jatuh cinta deh, banyak rasa. Jadi ada rasa standar kayak vanila, coklat, cookies and cream, dan lainnya. Ada juga buah (sorbet kali ya?) kayak lime, tamarillo, kiwi, dan rekan-rekan. Ada juga rasa yang gw-penasaran-tapi-takut-salah kayak chilli chocolate (iye, coklat ama cabe), basil (kemangi. Katanya enak, tapi kok gw ngebayangin kayak rasa lalapan Sunda?), sampe lemongrass (sereh. Ya... Entahlah).

gambar dari sini

Ada rasa yang menjadi kewajiban untuk dipesan, yakni MATCHA! Yes, sebagai penganut matcha garis keras, gw merasa harus makan lalu mengomentarinya. Satu rasa lagi gw pilih crunchy mascarpone, sesuai rekomendasi Dhira. Oke!

Setelah rebutan tempat dengan bule dan turis-turis ngga pake baju, kita bertiga duduk di meja bagian indoor. Melakukan mandatory photo untuk hadir di Instagram, dan makanlah kita. Berikut review gw:



Gelato ini sesuai namanya sih, beneran gelato. Jadi cepet lelehnya. Pengertian gelato bisa di-googling sendiri aja ya. Nah, matcha-nya dulu. Rasanya kurang pahit dan masih agak manis. Jadi kesan matcha-nya kurang banget. Lebih kepada gelato beraroma matcha. Lalu crunchy mascarpone ini tuh isinya gelato vanila, ditambah ice cream cone yang di-coat oleh dark cooking chocolate kemudian diremukkan, dan juga cocoa powder untuk kesan tiramisunya. Rasanya, surprisingly good! Gw lebih suka rasa ini dibanding matcha-nya. Crunchy mascarpone ini soalnya gw less expectation, jadi enak dan pas porsi semua bahannya.

Thank you, Gusto Gelato!
Jl. Mertanadi No. 46, Kerobokan, Bali


***

Suatu hari yang beda, gw sama Dhira pulang jam 5 sore dari kitchen. Kita secara dadakan punya rencana ke Paletas Wey. Tanpa. Ngajak. Nisa.

Yeah, baby!

Sekejap kita parkir dan masuk ke dalem. Suasananya menarik dan sepi, nggak kayak Gusto. Kita disambut sama musik Meksiko yang bawaannya serasa di padang pasir, nyender di kaktus liar, sambil main ukulele...
*tapi main lagunya Stasiun Balapan*
*brb pesen selat Solo*

Di sisi kiri, ada dinding yang menggambarkan padang pasir beserta kaktusnya. Mejanya kayu warna warni kayak di TK dengan bangku kaleng warna warni juga. Menarik beneran. Di sisi kanan itu berjejer freezer dengan isi aneka popsicles menarik. Di dindingnya ada black board dengan tulisan rasa popsicles. Harganya nih, nggak mahal untuk ukuran "anak Jakarta" kok. Mulai dari IDR 20K sampai 35K deh. Tergantung jenis popsicle yang kita mau. Kalo yang harga 20ribuan itu buah-buahan kayak semangka lime (gw pesen ini), strawberry, kiwi, sampai buah naga. Nah yang rada mahalan itu kayak durian, capucinno condensed milk, dan rekan-rekannya.

gambar dari sini



Gw makan si semangka lime ini. Rasanya? Menarik. Semangka. Ya, semangka aja emang udah. Tanpa tambahan apapun. Pas kena lime, WAW ASEM! Kayak dijutekin klien baru.

Dhira makan yang something capucinno condensed milk. Kata dia enak banget, rasanya seperti ingin umroh. Pas digigit, bagian tengahnya ada condensed milk a.ka susu kental manis. Sungguh paduan kopi dan susu kental manis putih itu bukan gw banget.

Nah, ada kali kedua gw mencoba Paletas Wey ini lagi, yaitu pas Nisa lagi dirawat di RS (cerita menyusul). Gw dan Dhira dijemput Om gw, lalu kita mampir dulu ke Paletas Wey karena Nisa mau pesen. Di sana, gw galau mau pilih apa karena BUANYAK BANGET yang pengen gw coba. Akhirnya sekali lagi, sebagai penganut matcha garis keras, gw memilih durian!
*lah!*

Nggak deng, gw milih matcha, doooong! Rasanya gimana, Dhe?

SUBHANALLAH!!!!!!

Menggetarkan keimanan gw! Seperti ingin tawaf saking bersyukurnya! Rasa pahitnya dapet banget, creamy, ada asin umami gitu juga, manisnya tepat sasaran. BEUGH! Pengen banget gw borong itu matcha popsicle lalu gw makan pake nasi biar kenyang. Asli beneran enak. Pengen deh nanti kalo gw lamaran, si calon suami gw bawa hantaran 50 biji matcha Paletas Wey gitu...

*pertanyaannya, SIAPA EMANGNYAAAA?*
*baca: siapa yang mau ama elo kayak gitu dehay....?*
*terisak sendiri di keheningan malam*

Thanks a loooot, Paletas Wey! 
Jl. Mertanadi No. 12, Kerobokan, Bali


NEXT:
Kue apa ini? Iya, kue apa aja ini?

You Might Also Like

0 komens

Subscribe